Tata Kelola Arsip Terbaik, Harnojoyo Ganjar Penghargaan 10 OPD

  • Whatsapp
banner 468x60

Palembang, (Pelita Sumatera) – Wali Kota Palembang H Harnojoyo memberikan piagam kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan hasil penilaian Tata kelola Kearsipan Terbaik.

 

Read More

banner 300250

Dari 53 OPD di lingkungan Pemerintah Kota Palembang, 10 OPD mendapatkan predikat itu.

 

Yakni Dinas Kominfo, Disnaker, Dinas PUPR, Dinas PPA, DPM-PTSP, Bagian Tata Kesekretariatan Daerah, Dishub, BKPSDM, Dinas Kearsipan.

 

Kesepuluh OPD yang menerima penghargaan dari Wali Kota Palembang tersebut mendapatkan predikat “B” atau baik dalam bidang kearsipan.

 

Harnojoyo mengapreasiasi atas capaian kinerja para OPD tersebut.

 

“Ini harus bisa memacu OPD lain yang belum mendapatkan penghargaan. Untuk mulai memperhatikan tata kelola kearsipan yang memang dibutuhkan dalam memudahkan pengawasan,” kata Harnojoyo, di rumah dinasnya, Kamis (29/4/2021).

 

Beberapa kriteria penilaian yang ditentukan, di antaranya, penataan terbaik, rapi secara administratif, SDM arsiparis, sarana prasana serta regulasi. Selain itu profesionalitas sumber daya manusia di tiap OPD, hingga inovasi pengelolaan arsip.

 

Harnojoyo mengatakan, semua OPD di lingkungan Pemkot Palembang sudah seharusnya memperhatikan tata kelola kearsipan.

 

Karena pentingnya dokumen-dokumen arsip tersebut, Harnojoyo bahkan berpandangan jajarannya harus sigap dalam penataan, mengantisipasi jika sewaktu-waktu membutuhkan.

 

“Bayangkan kalau tidak terarsip akan menjadi masalah,” ujarnya.

 

Selain itu, dengan kemajuan teknologi tentu OPD terkait juga saatnya untuk mulai melakukan pengarsipan dokumen secara digital.

 

“Saya pernah sampaikan kearsipan ini tak harus menggunakan metode lama pakai kertas/buku karena berpotensi rusak karena faktor usia dan rayap,” kata Harnojoyo.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palembang, Gunawan mengatakan, tata kelola kearsipan dikelola Kearsipan Kota Palembang secara nasional memiliki predikat sangat baik.

 

“Karenanya ini harus diperhatikan pula bagi OPD yang cukup/belum memiliki tata kelola arsip yang baik. Ketika tidak memiliki kearsipan yang baik bisa menjadi cerminan bahwa kinerja OPD tersebut tak begitu baik dan ini harus segera diperbaiki,” ujar Gunawan.

 

Ia menambahkan, dari total seluruh OPD yang ada di Kota Palembang, masih ada yang mendapatkan predikat “C” atau kurang dalam pengelolaan kearsipan, hal itu disebabkan koordinasi antar SDM di lingkup OPD yang kurang baik. (Feri)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *